Rabu, 02 September 2020. KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) ini memang khusus diperuntukkan bagi kaum adam. MOP atau lazim di sebut dengan vasektomi merupakan salah satu metode kontrasepsi permanen bagi Pria, prosedur kontrasepsi ini adalah dengan cara memotong atau menutup saluran vas deferens pria sehingga sperma tidak dapat mengalir dan bercampur dengan cairan semen.

KIE yang dilaksankan oleh PLKB Kabupaten bantul kepada pasangan usia subur di Bantul mulai membuahkan hasil. Kendati dilaksankan pada masa pandemi, tetapi tidak menyurutkan semangat penyuluh keluarga berencana ini. Bagaimana tidak hingga saat ini kurang lebih ada 37 pria calon peserta MOP atau lebih sering disebut dengan vasektomi.

Dan hari ini dilaksankaan MOP tahap ke 4. Pelaksanaan MOP dimulai pada tanggal 24 agustus hingga 17 september 2020. Bertempat di Rumah Sakit Griya Mahardhika pada hari ini sendiri total ada 15 peserta yang terdaftar, namun baru 10 peserta yang dapat terlayani, dikarenakan 5 peserta yang lain belum lulus uji skrining yang dilakukan oleh dokter. Selain dilakukan skrining peserta calon MOP/ vasektomi juga harus melalui tahap rapid test yang dilakukan oleh pihak rumahsakit, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus covid 19.

15 peserta tersebut terbagi di beberapa kecamatan diantaranya adalah : Kecamatan Piyungan, Imogiri, Banguntapan, Jetis, Sanden, Kretek, Pandak, Sewon.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan