Kamis, 13 Juni 2019 Dinas Pengendalaian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan Bimtek kelembagaan pengelolaan air bersih. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya dan Infrastruktur Desa Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bantul Bapak Zan Riyanto. S.Sos. Dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kesehatan, kemitraan PAB, dan kelompok pengelola PAB.

Bimbingan teknis peningkatan kapasitas pengelolaan air bersih dilaksanakan selama 2 hari. Pada kesempatan kali Bapak Yanatun Yunan Dinata, perwakilan Dinas Kesehatan membawakan materi tentang “sanitasi dan kesehatan lingkungan”. Disampaikan oleh Dinas Kesehatan bahwa Kualitas air bersih secara bakteriologis pada tahun 2018 menunjukkan 70% sampel tidak memenuhi syarat. Penyebab dari kurang baiknya kualitas air bersih disebabkan oleh sanitasi yang kurang layak..

Disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya dan Infrastruktur Desa bahwa pada akhir tahun akan diadakan lomba antar kelompok pengelola PAB, hal ini bertujuan untuk memicu semua kelompok agar lebih kreatif lagi dalam mengelola air bersih. Beberapa yang akan dinilai dalam lomba adalah Administrasi, dan sistem yang terbangun didalamnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan