Selasa, 28 Januari 2020. Kepala DPPKBPMD Ibu Dra Sri Nuryanti, M.Si besrsama dengan Kepala Bidang PMD Bapak Pambudi Arifin R, SIP dan Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya dan Infrastruktur Desa Bapak Wijiyana, SIP. Mengelar bimtek lomba desa di pendopo rumah dinas Bupati.

Hadir dalam bimbingan teknis ini 17 Desa perwakilan kecamatan yang akan berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba desa, tim yuri lomba desa, dan camat Kecamatan.

Mulai tahun 2020 lomba desa akan terintegrasi dengan lomba posyandu. Dan di tahun yang akan datang akan di integrasikan pula dengan lomba-lomba yang sejenis, hal ini dimaksudkan agar efisiensi anggaran dapat terrealisasi. Sedangkan indikator penilaian akan di tambah dan di sesuaikan dengan indikator penilaian lomba pengelolaan posyandu yang sudah ada.

Dalam bimtek lomba ini disampaikan beberapa persyaratan peserta lomba desa, diantaranya adalah : peserta lomba desa adalah juara 1 lomba desa tingkat kecamatan, peserta lomba desa, peserta lomba pengelolaan posyandu adalah posyandu yang ada di salah satu pedukuhan sampel pelaksanaan lomba desa, memiliki profil desa 2 (dua) tahun terakhir, memiliki perdes.

Penilaian lomba desa menggunakan instrumen penilaian yang diatur oleh Permendagri Nomor 81 tahun 2015 yang meliputi 3 (tiga) bidang, yaitu ; pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Sedangkan penilaian pengelolaan posyandu sendiri dilaksanan melalui 2 tahap yaitu tahap penilaian administrasi dan penialaian lapangan.

Dengan digelarnya lomba desa ini diharapkan pembangunan desa akan semakain baik dan tertata, kesejahteraan masyarakat akan meningkat, lembaga kemasyarakatan yang ada di desa semakin berperan dalam proses pembangunan di desa dan masyarakat semakin inovatif dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada di Desa.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian