Kalau ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak yang gemar membaca, Bunda perlu menumbuhkan minat bacanya sedini mungkin. Pasalnya, hal ini tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, lho. Yuk, Bun, ketahui cara yang efektif untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang bisa membawa banyak manfaat bagi anak, mulai dari memperkenalkan berbagai kosakata, meningkatkan imajinasi, kecerdasan, dan kreatifitas, hingga mendukung daya ingat dan konsentrasi Si Kecil.

Tidak hanya itu, membaca juga dapat membantu Bunda menyampaikan informasi mengenai dunia sekitar dan menanamkan nilai-nilai penting dalam kehidupan kepada Si Kecil.

Cara Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini:

1. Beri contoh kepada anak

Perlu Bunda dan Ayah ketahui, anak-anak merupakan peniru yang ulung, lho. Ini artinya, semua hal yang Bunda dan orang-orang rumah lakukan akan dijadikan contoh oleh Si Kecil.

Oleh sebab itu, bila Bunda ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak yang hobi membaca, Bunda perlu mencontohkan hal tersebut terlebih dahulu. Jadi, mulai sekarang, perbanyaklah membaca buku di sekitar anak, ya. Dengan begitu, ia akan terbiasa dan juga ikut menyukai kegiatan tersebut.

2. Bacakan buku sebelum tidur

Membacakan buku cerita sebelum waktu tidur juga merupakan cara yang efektif untuk membuat Si Kecil merasa lebih familiar dengan buku, lho Bun.

Untuk membuat Si Kecil semakin tertarik, saat membacakan buku, Bunda bisa menggunakan berbagai intonasi suara dan mimik wajah. Selain itu, bila Si Kecil sudah bisa diajak berdiskusi, Bunda juga dapat menanyakan pendapatnya mengenai cerita yang Bunda bacakan setiap malamnya.

Dengan begitu, ia akan menganggap buku sebagai suatu hal yang menyenangkan, sehingga minat membacanya juga akan meningkat seiring waktu.

3. Pilih buku yang tepat

Agar Si Kecil tertarik untuk membaca buku, Bunda juga perlu memerhatikan pemilihan bukunya, nih. Pilihlah buku yang tepat dan sesuai dengan usianya, ya Bun. Sebagai contoh, anak di bawah 5 tahun umumnya akan menyukai buku yang penuh dengan gambar dan warna.

Mereka juga biasanya menyukai buku yang di dalamnya terdapat potongan-potongan yang bisa dipindahkan atau buku yang bisa menggambarkan suara hewan atau alat musik.

4. Bawa buku saat bepergian

Saat bepergian, ada kalanya Si Kecil menjadi rewel atau tantrum. Nah, daripada memberikan gadget saat Si Kecil rewel, Bunda atau Ayah bisa mengajaknya untuk membaca buku. Selain bisa menghibur, hal ini juga bisa menumbuhkan minat membacanya.

Jadi, mulai sekarang, saat bepergian dengan Si Kecil, biasakanlah untuk membawa buku bacaan favoritnya, ya Bun.

5. Jangan batasi buku kesukaan anak

Bunda, bila minat baca anak sudah mulai tumbuh, jangan batasi pilihan buku kesukaannya, ya. Tanamkan pada Si Kecil bahwa membaca, terlepas dari jenis bukunya, adalah hal yang baik dan bermanfaat.

Selama topik di dalam buku kesukaan Si Kecil masih sesuai dengan usianya, biarkan ia membaca jenis buku apa pun yang ia sukai, mulai dari majalah anak-anak, komik, buku fiksi, ensiklopedia, hingga buku resep masakan di dapur.

6. Buat zona membaca yang nyaman

Untuk menumbuhkan minat baca anak, Bunda juga bisa membuat sudut atau zona membaca yang nyaman di rumah. Tempatkan buku-buku Si Kecil dalam satu tempat atau rak buku, sehingga Si Kecil tahu ke mana ia harus pergi ketika ia ingin membaca.

Selain itu, agar lebih nyaman, Bunda juga bisa menambahkan sofa, bean bag, selimut, bantal, dan lampu di zona membaca tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar Si Kecil bisa tumbuh menjadi seseorang yang gemar membaca dan berwawasan luas. Ingat, terapkan cara-cara di atas dengan sabar dan konsisten, ya Bun.

Apabila Bunda menemukan kesulitan dalam menerapkan cara-cara di atas atau anak tampak kesulitan untuk membaca dan memahami informasi di dalam buku bacaannya, termasuk dalam buku pelajaran sekolah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau dokter terkait hal tersebut, ya Bun.

sumber : https://www.alodokter.com/bunda-ini-cara-menumbuhkan-minat-baca-pada-anak