Pada tanggl 29 Juni 2020 telah dilaksanakan kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari keluarga nasional ke 27. Pelayanan KB sejuta akseptor adalah pelayanan KB yang dilakukan serentak pada tanggal 29 Juni 2020, jenis pelayanan yang dilayani dalam kegiatan ini adalah KB baru, KB ulang, dan KB ganti.

Target akseptor dari BKKBN untuk Kabupaten Bantul adalah 1.465 akseptor sedangkan capaian akseptor pada tanggal 29 Juni 2020 kemarin adalah 4.153 akseptor.

Faktor keberhasilan dari kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor di Kabupaten Bantul adalah adanya kerjasama yang baik antar PLKB/ PKB, IMP, Puskesmas dan klinik, IBI dan juga Kodim 0729/Bantul.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) Bantul, Sri Nuryanti mengatakan, pada HUT Peringatan Hari Keluarga Nasional kali ini, pihaknya mengadakan aksi pemasangan alat kontrasepsi kepada masyarakat pengikut KB.

“Dalam melaksanakan program itu kami bekerjasama dengan berbagai pihak rermasuk 27 Puskesmas dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bantul,” kata Sri Nuryanti.

Ia menyatakan, kegiatan ini merupakan bagian dan penjabaran peringatan Harganas yang melakukan pemasangan alat kontrasepsi kepada 1 juta orang. Untuk pelaksanaan di Bantul, IBI sendiri  melakukannya di 9 titik termasuk di sejumlah klinik,” jelas Sri Nuryanti.

Dikatakan, maksud dan tujuan aksi ini untuk meringankan biaya masyarakat akseptor dan mensukseskan program KB serta menekan pertumbuhan penduduk.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian