Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih menjadi salah satu narasumber dalam workshop internasional Center on Integrated Rural Development for Asian and Pasific (CIRDAP) tahun 2021 yang digelar secara daring. Bupati menyampaikan materi tentang pembangunan dan program pengembangan desa di lingkup Kabupaten Bantul tersebut dari Balai Kalurahan Srimulyo.

Bupati menyampaikan materi tentang Strategi Pendampingan Pemerintah Kabupaten Bantul Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa/Kalurahan Untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Digital kepada peserta wokshop CIRDAP 2021yang berasal dari 15 negara yang berada di kawasan Asia Pasific serta Kepala Desa se-Indonesia.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa Desa atau Kalurahan Srimulyo memiliki banyak prestasi dan keunggulan serta menjadi pemenang lomba desa tinggakt naisonal. “Desa atau Kalurahan Srimulyo juga memiliki banyak inovasi dengan etos kerja Srimulyo Gerbang Madu,” kata Bupati.

Pemerintah Kabupaten Bantul memiliki cita-cita yang tertuang dalam visi Terwujudnya masyrakat Kabupaten Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI yang ber-Bhineka Tunggal Ika. “Guna mewujudkan visi tersebut kami wujudkan dalam lima misi tetapi yang relevan dengan tema hari ini yaitu misi pertama dan ketiga,” kata Bupati.

Dalam misi pertama kemudian diturunkan ke dalam beberapa program dan kegiatan yang pertama peningkatan kapasitas aparatur penrrintahan desa diberikan bimbingan teknis dan pelatihan serta pendampingan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa.

Selanjutnya pemerintah kabupaten setiap saat memberikan pendampingan dan arahan agar perencanan pembangunan desa selaras dengan pemerintah kabupaten dan pemerintah daerah DIY. Selain pendampingan pemerintah kabupaten juga melakukan pengawasan yang diwujudkan melalui sistem pengawasan desa agar keuangan desa digunakan secara akuntabel, efisein, bersih dan efektif. 

Selain pengawasan, pemerintah kabupaten juga melakukan pemeriksaan kinerja desa agar pemerintah desa akuntabel, bersih dan efektif.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan