Pada Selasa, 30 April 2019 DPPKBPMD melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi bagi tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kabupaten Bantul. Kegiatan ini di laksanakan di Gedung Pertemuan Pemda II Kabupaten Bantul.

Saat membuka kegiatan tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Rumanta Paskah M.S.Sos menyampaikan bahwa pertemuan ini diselenggarakan atas dasar kondisi obyektif di Kabupaten Bantul yang setiap tahun ada pernikahan dini yang disebabkan oleh kehamilan yang tidak diinginkan.Sosialisasi ini menghadirkan  3 narasumber, yaitu dr. Supriyatningsih, SpOG dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, dr. Muhammad zaitun fathurachman dan Nursolikhatun, S.Gz dari BKKBN Region Yogyakarta.

Materi yang disampaikan adalah tentang pentingnya pemahaman kesehatan reproduksi bagi remaja, pengasuhan balita dalam BKB, Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi. Disampaikan oleh dr. Supriyatningsih, SpOG  bahwa Kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Sehat disini bukan semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan namun juga sehat mental dan sosio cultural (Definisi sehat menurut WHO).

Kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan sangat meriah dan peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut karena menambah pengetahuan dan ilmu tentang kesehatan reproduksi dan juga mendapat ilmu untuk memantau tumbuh kembang anak-anak mereka.