Kamis, 19 Desember 2019 Kepala DPPKBPMD Ibu Dra. Sri Nuryanti, M.Si dalam hal ini di wakili oleh kepala bidang PMD dan Kasi Pengembangan sumberdaya & insfrastruktur desa menggelar kegiatan Evaluasi kegiatan PAB di Rumah Dinas Bupati Bantul.

Evaluasi ini dihadiri oleh Kelompok penerima bantuan PAB dari kabupaten Bantul tahun 2018 dan 2019. Disampaikan oleh Kasi Pengembangan sumberdaya & insfrastruktur desa bahwa masih ada beberapa Pengeoloa Air Bersih yang belum menyampaikan perkembangan atau laporan kegiatan PAB di kelompoknya masing-masing, Kasi Pengembangan sumberdaya & insfrastruktur desa  menghimbau agar kelompok yang belum melaporkan untuk segera melaporkan kegiatan agar pengadministrasian berjalan dengan lancar.

Evaluasi ini menghadirkan narasumber dari UGM Beliau Bapak Unggul Ardi. Disampaikan oleh beliau bahwa dalam rangka keberlanjutan PAB pengelola harus memperhatikan beberapa aspe, diantaranya adalah aspek teknis pengelolaan jaringan air bersih, Iuran progresif, Aspek konservasi lingkungan utk melestarikan ketersediaan air baku. Hak yang harusnya di peroleh masyarakat adalah Wajib mendapatkan air bersih, mendapatkan pembinaan tentang kegiatan air bersih, mendapatkan pendanaan yang berkelanjutan, mendapatkan pengakuan dari pemerintah desa. Sedangkan kewajiban kelompok PAB adalah Membuat RAB/ sop perawatan, Menjamin air bersih sesuai standar kwalitas dan kuantitas, Menetapkan iuran yang ditujukan kepada pelanggan. Mangalokasikan biaya pemeliharaan, pemulihan dan perawatan. Berperan aktif dalam perlindungan pelestarian air baku.

Saat ini masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh kelompok, kendala yang dirasakan saat ini adalah Pengurus masih ada yang belum mendapatkan gaji/ honor. Pengelola belum sepenuh hati untuk mengurus pengelolaan air bersih. Administrasi belum tertib. Dari kendala yang dihadapi tersebut ada baiknya pengelola ikut andil dalam penanggulangan kerusakan alat, sehingga jika terjadi kerusakan ringan pengelola dapat mengatasi sendiri. PAB juga diharapkan untuk ikut bersinergi dan bekerja sama dengan BumDes untuk memperkuat pengelolaan PAB.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan