Kamis, 19 Desember 2019 KIE merupakan satu proses penyampaian pesan, informasi yang diberikan kepada masyarakat tentang program KB dengan menggunakan berbagai media dengan tujuan utama untuk memecahkan masalah dalam lingkungan masyarakat dalam meningkatkan program KB atau sebagai penunjang tercapainya program KB, untuk memecahkan masalah di kalangan masyarakat dalam meningkatkan program KB. 

Hal ini pula yang dilakukan oleh PLKB dari desa sendang sari pajangan Ibu Ir, Sri Yani,M.Si. Beliau mengadakan penyuluhan di posyandu Padi dusun Manukan, Sendangsari, Pajangan. Sasaran yang di tuju adalah pasangan usia subur yang tidak ingin punya anak lagi atau ingin menjarangkan kehamilan tetapi tidak menggunakan alat/cara kontrasepsi, atau sering di sebut dengan (Unmet Need). Dengan sasaran 41 PUS beliau mengharap kepada PUS untuk menggunakan alat kontrasepsi yang ada, banyak pilihan alat kontrasepsi yang bisa di gunakan seperti IUD, Kondom, Implant, suntik, atau pil. Variasi alat kontrasepsi yang sudah di buat diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan KB. Untuk Kecamatan Pajangan sendiri Kepesertaan KB aktif berada pada angka 72%.

Selain itu beliau juga mengharapkan kepada PUS yang sudah memiliki anak untuk merawat putra putri dengan baik dengan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak salah satunya dengan memberikan makanan MP ASI kepada balita yang sudah mencapai usianya.

Dalam penyuluhan ini dihadiri oleh 38 balita, 9 kader, 2 petugas PLKB dan 53 Lansia. Kepada Lansia yang hadir PLKB juga menyampaikan penyuluhan agar lansia menjaga pola makan dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan