Masa remaja merupakan masa dimana pertumbuhan dan perkembangan kejiwaan tengah terjadi pada diri anak menuju dewasa. Perubahan fisik jelas terlihat demikian juga dengan perubahan psikis. Dalam fase perubahan inilah rentan terhadap pengaruh lingkungan terutama lingkungan sosial, pergaulan dan keluarga.

Dalam Program Keluarga Berencana, kegiatan utama yang disosialisasikan adalah 3 (tiga) hal pokok yang harus dihindari para remaja atau dikenal dengan Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yakni Penikahan Dini, Seks Pra Nikah, dan Napza (Narkotika dan Zat Adiktif). Ketiga hal tersebut harus dihindari para remaja agar mampu menujudkan masa depan yang baik dan dapat mengembangkan potensi diri secara maksimal.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Mahmudi, M.Si pada pengarahan saat membuka kegiatan Pelatihan Kader Bina Keluarga Remaja (BKR) di Aula Dinas DPPKBPMD Bantul.

Pelatihan Kader BKR ini dilaksanakan oleh DPPKBPMD bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM)  D.I. Yogyakarta pada 4-6 April 2017. Adapun peserta Pelatihan sebanyak 34 kader BKR dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul. Tujuan dilaksanakannya Pelatihan BKR ini untuk meningkatkan wawasan dan keterampilanm Kader BKR di Kabupaten Bantul.

Narasumber berasal dari BPPM DIY, Tim Ketahanan Keluarga BPPM DIY, DPPKBPMD Bantul, Dinkes Bantul, dan Yayasan Rumah Pelita.

 

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan