Ada banyak mitos yang dipercaya bisa meningkatkan peluang kehamilan. Salah satunya adalah wanita harus mengangkat kedua kaki setelah berhubungan intim. Secara medis, apakah hal ini terbukti benar?

Kehadiran buah hati di dalam pernikahan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian pasangan, mungkin termasuk kamu dan suamimu. Tak heran berbagai upaya pun kalian lakukan agar cepat memiliki momongan, termasuk berhubungan intim secara rutin.

Setelah berhubungan intim, ada yang menyebutkan bahwa wanita bisa cepat hamil, jika ia segera mengangkat kakinya setelah sperma suami masuk ke dalam tubuhnya.

Posisi ini dianggap bisa membuat sperma yang telah masuk ke dalam vagina lebih mudah berenang menuju sel telur di rahim, sehingga peluang terjadinya pembuahan dan terciptanya kehamilan akan semakin tinggi.

Fakta mengenai Kaki Diangkat Setelah Berhubungan Intim Bisa Meningkatkan Peluang Kehamilan

Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah atau penelitian secara medis yang mengungkapkan bahwa wanita bisa lebih cepat hamil, ketika mereka mengangkat kaki setelah berhubungan intim.

Meski demikian, tidak ada juga riset yang menyebutkan bahwa cara ini berbahaya. Jadi, kamu boleh saja mencoba mitos ini.

Namun, kamu perlu berhati-hati saat mencobanya, karena hal ini bisa membuat aliran darah di kakimu terhambat. Jika kakimu diangkat terlalu lama, kamu bisa mengalami kram, kesemutan, atau bahkan mati rasa di kaki.

Lagi pula ada banyak faktor yang turut berperan dalam meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Faktor-faktor tersebut meliputi usia wanita dan pasangannya, kondisi kesehatan tubuh, gaya hidup, serta asupan gizi.

Daripada memercayai mitos yang belum terbukti benar, kamu sebaiknya melakukan cara lain yang memang bisa meningkatkan kesuburanmu dan pasanganmu, misalnya rutin olahraga, menjauhi rokok dan minuman beralkohol, serta konsumsi makanan bergizi.

Untuk menciptakan kehamilan, sperma yang sehat memiliki keahliannya sendiri, kok. Saat masuk ke dalam tubuhmu, sperma pasanganmu bisa berenang dan mencapai sel telur dan membuahinya.

Setelah terjadi pembuahan, sel telur tersebut akan berkembang menjadi bakal janin dan akhirnya kamu pun akan hamil. Hal ini tetap bisa dilakukan tanpa kamu mengangkat kaki setelah berhubungan intim.

Berbagai Tips agar Kamu Bisa Cepat Hamil

Bila kamu ingin segera memiliki momongan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Berhubungan intim di masa subur

Berhubungan intim secara rutin tanpa menggunakan kondom, terutama ketika kamu sedang dalam masa subur atau ovulasi, bisa meningkatkan peluang hamil.

Pada wanita yang siklus haidnya teratur selama 28–30 hari, masa subur bisa diprediksi terjadi di sekitar hari ke-10 hingga ke-14 sebelum hari pertama menstruasi berikutnya.

Masa subur wanita umumnya ditandai oleh beberapa hal, yaitu meningkatnya suhu basal tubuh, merasa lebih bergairah, keluarnya cairan atau keputihan lebih banyak, serta timbulnya rasa nyeri ringan di bagian perut dan payudara. Untuk memastikan masa suburmu, kamu juga bisa menggunakan alat tes masa subur.

2. Konsumsi makanan bergizi

Kondisi kesuburanmu dan pasangan juga dipengaruhi oleh faktor kecukupan gizi. Ini karena sel telur dan sperma membutuhkan nutrisi yang baik agar bisa berfungsi dengan normal.

Agar bisa cepat hamil, kamu dan pasanganmu perlu mencukupi asupan protein, vitamin, lemak sehat omega-3, antioksidan, dan aneka mineral, termasuk zinc, selenium, zat besi, dan kalsium.

Asupan nutrisi tersebut bisa kamu peroleh dari beragam makanan, seperti daging, ikan, telur, seafood, kacang, biji-bijian, dan aneka buah dan sayuran.

Jika saat ini kamu tengah mengalami tanda-tanda tersebut atau kamu sedang berada di masa suburmu, jangan tunda lagi untuk berhubungan intim, ya.

3. Hentikan kebiasaan tidak sehat

Gaya hidup kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan kurang tidur atau sering begadang, bisa mengganggu kesehatan sistem reproduksi pria dan wanita.

Jika kamu atau pasanganmu memiliki kebiasaan tersebut, peluang kamu untuk hamil pun akan semakin kecil, walau sudah rutin berhubungan intim.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang kehamilan, kamu dan pasangan sebaiknnya mulai menjalani hidup sehat, misalnya dengan rutin olahraga, konsumsi makanan bergizi, kurangi stres, tidur yang cukup, dan berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Lakukan pemeriksaan ke dokter

Selain ketiga tips di atas, cek kesehatan secara rutin juga penting untuk dilakukan. Cara ini juga menjadi syarat utama bagi pasangan yang ingin memulai program hamil. Melalui pemeriksaan kesehatan, kondisi kesehatan dan kesuburan kalian berdua bisa terpantau dengan baik.

Bila salah satu dari kalian mengalami gangguan kesuburan, dokter bisa melakukan pengobatan, agar peluangmu untuk hamil bisa semakin besar.

Sebagai kesimpulan, mengangkat kedua kaki setelah berhubungan intim memang bukanlah hal yang dilarang. Namun, cara ini tidak terbukti efektif untuk meningkatkan terjadinya kehamilan.

Bila kamu dan pasangan telah lama menikah dan sudah menerapkan tips-tips di atas, tetapi kalian belum juga dikaruniai momongan, cobalah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.

Setelah itu, dokter baru bisa memberikan penanganan yang tepat agar kamu bisa hamil. Jika perlu, dokter mungkin akan menyarankan metode tertentu, seperti bayi tabung atau inseminasi buatan.

sumber : https://www.alodokter.com/peluang-hamil-meningkat-jika-wanita-mengangkat-kedua-kaki-setelah-berhubungan-intim-benarkah

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan