Jumat, 17 Januari 2020 Kepala dinas PPKBPMD Ibu Dra. Sri Nuryanti, M.Si memimpin rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan LKD Tahun 2020. Turut mendampingi rapat tersebut Kepala Bidang PMD Bapak Pambudi Arifin R, SIP, beserta kasi Pengembangan Kelembagaan Masyarakat dan Desa ibu Ery Murniasih, SIP.

Disampaikan oleh Kepala Dinas PPKBPMD bahwa pelaksanaan lomba desa di Tahun 2020 mengalami beberapa perubahan, tidak hanya menilai tentang bagaimana pemerintahan desa namun di dalamnya juga ada unsur penilaian untuk kegiatan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan Posyandu, sehingga fungsi dan peran LPMD dapat dimaksimalkan.

Disampaikan pula oleh Kabid PMD bahwa pelaksanaan lomba desa akan dilaksanakan dalam 2 tahap. Yang pertama tahap verifikasi ke 17 kecamatan (penilaian administrasi dilaksanakan di desa, penilaian dusun sampel di posyandu). Dari tahap I akan di ambil 6 nominasi terbaik, yang selajutnya akan masuk ke seleksi tahap ke II. Juara i tingkat Kabupaten akan mewakili kebupaten Bantul untuk maju ke lomba desa Tingkat DIY Tahun 2020.

Disampaikan pula oleh kepala bidang PMD bahwa di tahun 2020 tidak ada lomba LPMD, tidak ada pencanangan BBGRM namun akan dilaksanakan pembinaan LPMD di 17 kecamatan dan temu karya LPMD.

Ditambahkan oleh kasi Pengembangan Kelembagaan Masyarakat dan Desa ibu Ery Murniasih, SIP bahwa kegiatan LPMD akan terintegrasi dengan lomba desa tetapi tidak dilombakan hanya ada di dalam indikator penilaian lomba desa. Pembinaan LPMD di 17 Kecamatan akan dilaksanakan pada Bulan April 2020.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian