Rabu, 8 Mei 2019 DPPKBPMD Kab. Bantul melaksanakan rapat pleno hasil verifikasi evaluasi kinerja pengelolaan Usaha Peningakatan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (UP2K PKK). Rapat dihadiri oleh Tim Juri Evaluasi Kinerja Pengelolaan UP2K PKK. Rapar dipimpin oleh Kabid. PMD yang diwakili oleh Kasi. Pengembangan Potensi Desa Ekonomi Pedesaan dan Teknologi Tepat Guna : Ir. Erni Kumarawati, MM.

UP2K-PKK dilatar belakangi karena rendahnya tingkat pendapatan keluarga yang merupakan hambatan dalam pencapaian kesejahteraan keluarga, salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga adalah dengan membina keluarga menuju tata hidup ekonomis produktif, selain dari itu Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga juga bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan wirausaha keluarga, sebagai usaha memperluas lapangan kerja

Juri Evaluasi Kinerja Pengelolaan  UP2K PKK ada 30 orang, yang dibagi menjadi 3 tim dan terdiri dari 5 instansi/OPD (Inspektorat, Bappeda, Dinkes, Dinas UMK & Koperasi), tenaga ahli P3MD, dan TP PKK. Kegiatan Evalusi Kinerja Pengelolaan UP2K PKK Kab. Bantul tahun 2019 telah dilaksanakan dengan 2 tahapan, yaitu presentase dari 17 desa perwakilan kecamatan pada tanggal 8, 9, 10 April yang lalu. Kemudian dari seleksi presentasi tersebut telah diambil 3 nominasi untuk di verifikasi lapang. Yang menjadi Indikator penilaian dari kegiatan evaluasi kinerja pengelolaan UP2K PKK adalah :

  1. Administrasi dinding UP2K PKK
  2. Pengelolaan Organisasi
  3. Proses Produksi
  4. Permodalan
  5. Perkembangan Usaha
  6. Pemasaran
  7. Inovasi

Peserta yang mengikuti Evaluasi Kinerja Pengelolaan  UP2K PKK adalah Poksus UP2K PKK Desa perwakilan Kecamatan yang berjumlah 17 Kelompok. Dalam Evaluasi Kinerja Pengelolaan ini akan diambil 3 juara. Nominasi yang masuk kedalam 3 besar adalah Desa Tamanan Kecamatan Banguntapan, Desa Murti Gading Kecamatan Sanden, Desa Pleret Kecamatan Pleret.

Verifikasi lapangan Evaluasi Kinerja Pengelolaan UP2K PKK dilaksanakan pada tanggal 23 – 25 April 2019. Dari hasil penilaian Tim juri evaluasi kinerja pengelolaan diputuskan bahwa :

PERINGKAT

NAMA DESA

NILAI

Juara 1

Tamanan

1788,66

Juara 2

Pleret

1675,43

Juara 3

Murti Gading

1652,63


0 Komentar

Tinggalkan Balasan